Senin, 22 Desember 2014

Quota Haji Tahun 2015

Share & Comment
http://paketumrohistanamulia.blogspot.com/
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kemungkinan kembali memangkas kuota haji Indonesia pada musim 1436 H atau 2014 M untuk besar prosentasenya masih belum jelas. Permintaan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali kepada pemerintah Arab Saudi agar kuota haji 2014 tidak dipangkas kurang mendapat respons positif.

“pihak Arab Saudi hanya menjawab dengan kata kiasan, tidak ada teknisi yang bisa memperbaiki mobil sambil berjalan,” kata Suryadharma bertemu Menteri Urusan Haji Saudi Bandar bin Mohammed Al Hajjar di Jeddah, Rabu (22/1).

Menag kepada sejumlah media menjelaskan, pemotongan kuota itu berimbas pada makin membengkaknya jumlah calon jamaah haji (calhaj) yang tidak bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut tahun ini menjadi 40% dari kuota dasar

Kuota dasar jamaah haji yang diberikan pemerintah Saudi untuk Indonesia adalah sebanyak 211 ribu orang. Setelah terkena kebijakan pemotongan kuota 20%, kuota haji Indonesia tahun lalu sebanyak 168,8 ribu jamaah, yang terdiri atas kuota haji regular 155,2 ribu dan haji khusus 13,6 ribu.

Dengan perkembangan terbaru dari Arab Saudi ini, berarti jumlah jamaah haji yang sudah terdaftar untuk berangkat harus dipotong 20% sesuai pembatasan kuota. Jika ditambah dengan alokasi 20% untuk jamaah haji yang tertunda keberangkatannya tahun lalu, 40% jamaah yang seharusnya berangkat tahun ini akan tertunda.

Labels:
 
Copyright © Paket Umroh Murah By Istana Mulia-Kamal Kamal Arifin