Selasa, 28 April 2015

paket umroh bulan mei 2015

Share & Comment
makkah
Istana Umroh menyediakan paket umroh bulan mei 2015 dengan harga paket nya 1750 USD,ko naik ? seperti yang sudah anda ketahui bahwa memang tiap tahun naik,mengapa bisa begitu ?

Perbedaan dalam penetapan biaya umroh tersebut memang sangat variatif. Setidaknya terdapat empat parameter dalam menentukan biaya umroh. Parameter tersebut mudah-mudahan dapat membantu para calon jamaah umroh agar tergiur dengan harga paket umroh yang sangat murah, namun apabila tidak berhati-hati akan terjebak dalam penipuan berkedok umroh. Berikut empat parameter tersebut.

1.Maskapai Penerbangan yang Digunakan
Komponen harga tiket pesawat merupakan komponen biaya yang terbesar dalam penentuan biaya umroh. Sekitar 60-70% komponen biaya yang dikeluarkan oleh jamaah umroh dipergunakan untuk membayar tiket pesawat. Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan langsung ke Jakarta-Jeddah, diantara Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines. Dengan harga tiket yang relatif – tidak selalu—lebih tinggi dibandingkan maskapai lain. Kedua maskapai ini menawarkan penerbangan langsung (direct flight) dengan layanan prima (full service).

Harga tiket yang dipatok oleh kedua maskapai internasional itu bervariasi, antara US$ 1.100 hingga US$ 1.500 untuk sekali perjalanan pulang pergi Jakarta-Jeddah.

Untuk menghemat komponen biaya umroh, banyak biro perjalanan memanfaatkan maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan Jakarta-Jeddah melalui transit di Negara ketiga terlebih dahulu. Beberapa maskapai yang menawarkan penerbangan tidak langsung, diantaranya Emirates (via Dubai), Etihad (via Abu Dhabi), Qatar (via Doha), Air Asia (via Kuala Lumpur), Singapore Airways (via Singapura), Jet Airways, dan Nas Air. Harga tiket untuk masing-masing maskapai bervariasi, berkisar US$ 800 hingga US$ 1.200 dengan lama waktu transit antara 2 hingga 14 jam di bandara persinggahan.

2. Hotel dan akomodasi
Hotel, penginapan, apartemen, dan biaya akomodasi tentunya sangat berpengaruh terhadap biaya umroh. Hotel yang banyak di tawarkan dalam paket umroh oleh travel umroh dan haji biasanya mulai dari hotel Bintang 3, Bintang 4, Bintang 5 hingga kelas apartemen. Harganya pun bervariasi.

Penentuan tingkat bintang sebuah hotel di Mekkah bukan di tentukan oleh faktor fasilitas semata (mewahnya kamar, fasilitas bar, pub, kolam renang, dan lainnya) namun penentuannya diidentikan dengan jarak dari hotel ke Masjidil Haram. Semakin tinggi kategoro bintang identik dengan jarak ke Masjidil Haram maupun Masjidil Nabawi serta sudah barang tentu akan mempengaruhi harga kamarnya

Seiring dengan perluasan Masjidil Haram, banyak terjadi penggusuran terhadap hotel dan apartemen didekat Masjidil Haram, sementara jumlah permintaan kamar untuk jamaah umroh semakin meningkat. Hokum ekonomi supply and demand pun berlaku, sehingga berakibat pada kenaikan harga beberapa hotel di dekat Masjidil Haram. Untuk hotel berbintang 5, Mekkah Sofwa Orchid Hotel contohnya, harga kamarnya diatas US$ 200/malam. Sedangkan Hotel berbintang 3, seperti Nazawi Ajyad Hotel, berkisar US$ 60 hingga US$ 100/malam/kamar. Harga kamar juga tergantug pada jumlah jamaah dalam satu kamar, atau untuk mudahnya, harga per kamar dibagi oleh berapa jumlah jamaah didalamnya.

Jumlah jamaah dalam satu kamar (berdua/paket double, bertiga/triple atau berempat/quard) dalam satu kamar menentukan besaran biaya umrah yang akan dipilih oleh jamaah. Semakin banyak isi jamaah dalam satu kamar, maka akan semakin murah.

Akomodasi lain yang tak kalah pentingnya adalah layanan catering dan sewa bus atau van untuk ziarah maupun citytour seputar kota Jeddah, Mekkah, dan Madinah. Untuk satu kali makan prasmanan dengan menu masakan Indonedia, pihak catering menetapkan besaran antara 10 hingga 30 riyal (SAR) per jamaah. Layaknya di Indonesia, jumlah menu makanan yang disajikan dan jumlah jamaah dalam sebuah rombongan umroh pun akan mempengaruhi jumlah yang harus di bayarkan oleh pihak biro umroh.

Namun bagi Anda yang melakukan umroh mandiri maupun umroh backpacker, banyak tersedia warung makan dengan menu masakan Indonesia maupun menu masakan Timur Tengah di sekitar masjid dengan harga yang relatif sama.

3. Jumlah Hari
Tentu saja jika dengan fasilitas hotel dan akomodasi yang sama, namun semakin lama masa tinggalnya maka biaya umroh yang dikenakan pun akan bertambah mahal. Masing-masing travel umroh memiliki durasi atauuuu masa tinggal tersendiri, biro umroh standarnya menetapkan paket umroh 9 hari. Namun ada pula travel yang memiliki paket 11, 12 hingga 14 hari. Tentu saja dengan tambahan biaya.

Bulan yang dipilih pun menjadi salah menjadi salah satu penyebab ditetapkannya biaya umroh. Pada bulan awal musim umroh dibuka (Desember-Januari), biasanya relatif lebih murah. Namun, semakin mendekati bulan Ramadhan maka akan semakin mahal. Masa peak season untuk musim umroh adalah pada saat Ramadhan

4. Faktor Pendukung
Beberapa faktor pendukung penetapan biaya umroh diluar ibadah, antara lain airport tax, handling, penerbangan dari dan menuju ke Bandara Soekarno Hatta (bagi jamaah dari luar Jakarta), visa umroh, dan perlengkapan. Untuk airport tax dari bandara daerah sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000, sedangkan untuk airport tax untuk penerbangan internasional dikenakan sebesar Rp 150.000 per jamaah

Provider visa umroh biasanya mengatur pula untuk check in jamaah umroh, atau biasa disebut dengan Petugas Handling Bandara. Tujuannya tidak lain untuk mengatur check in bagasi rombongan dalam jumlah besar. Mekanisme check in jamaah dan bagasi rombongan tentunya sedikit berbeda dengan bagasi perorangan.

Khusus untuk visa umroh, meskipun oleh Kedutaan Arab Saudi diberikan secara Cuma-cuma, namun karena biaya investasi dan maintenance yang tinggi, maka biasanya pihak agen travel mematok tariff berkisar US$ 100 hingga US$ 150 per jemaah. Sesuai ketentuan dari Kementrian Haji Arab Saudi, visa umroh tidak dapat di urus sendiri oleh jamaah umroh, atau dengan kata lain harus melalui agen travel pemegang lisensi.

Perlengkapan rumah yang mempengaruhi penetapan biaya umroh, antara lain tas troley, tas kecil, mukena,, bargo, kain ihram, buku do’a, serta biaya program manasik umroh. Perlengkapan umroh juga bergantung pada kualitas bahan baku dan kenyamanan. Biasanya faktor keempat ini dirangkum oleh biro umroh sebagai airport tax and handling di luar biaya umroh yang ditetapkan.

Dari beberapa komponen tersebut perusahaan travel umroh membuat Pake Umroh dengan memkombinasikan keempat komponen itu. Jadi sudah barang tentu akan melahirkan paket-paket umroh murah hingga yang paling mahal.

Kini semua kembali kepada kita sebagai calon jamaah umroh. Tentunya harus disesuaikan denga keingan masing-masing calon jamaah. Namun yang perlu diingat, bahwa uang yang perlu kita keluarga untuk pergi ke Tanah Suci itu adalah semata untuk tujuan beribadah, bukan untuk menebar sombong apalagi pamer (riya’). Sebanyak apapun uang yang kita keluarkan di jalan Allah, yakinlah bahwa Allah akan menggantinya dengan lebih banyak dan tentunya berkah.

Kunjungi kantor kami untuk informasi paket umroh bulan mei 2015.
Labels:
 
Copyright © Paket Umroh Murah By Istana Mulia-Kamal Kamal Arifin